Belajar Efektif dan Efisien - Belajar dan Berbagi

Recent Tube

ads
Responsive Ads Here

Post Top Ad

Your Ad Spot

Rabu, 08 Agustus 2001

Belajar Efektif dan Efisien

BAB I
PENDAHULUAN

A.      Latar Belakang
Belajar merupakan hal yang sangat penting bagi kita. Sebaga siswa kita harus banyak belajar, karena tanpa belajar kita tidak akan menjadi orang yang pandai. Belajar adalah sesuatu yang bisa membuat kita pada kemajuan. Oleh karena itu belajar sangatlah penting bagi kita supaya kita menjadi anak yang berguna bagi bangsa dan negara.
Pada zaman sekarang ini, pendidikan di negara kita semakin merosot padahal perkembangan teknologi di negara kita tahun ke tahun semakin pesat. Mengapa bisa menjadi demikian? Karena orang-orang di sekitar kita menggunakan alat-alat elektronik bukan karena belajar mencari ilmu, melainkan hanya mencari kesenangan.
Saat ini pendidikan di negara kita harus segera diperbaiki demi memajukan negara kita. Supaya negara kita tidak dikecohkan oleh negara lain. Oleh karena itu kita semua harus belajar dengan giat supaya kita semua menjadi orang yang sukses. Banyak cara untuk menjadi orang yang sukses salah satunya adalah “belajar secara efektif dan efisien”.
Belajar dengan cara ini biasanya cepat memudahkan kita untuk memahami segala sesuatu yang kita pelajari dan sangat mendukung bagi kita supaya kita menjadi anak yang pandai. Oleh karena itu kita harus sadar bahwa segala sesuatu yang kita ketahui adalah hasil belajar.

B.      Rumusan Masalah
Dari latar belakang diatas dapat disimpulkan bahwa belajar itu sangat penting bagi kita.

C.      Tujuan
-      Untuk memajukan kepandaian seseorang
-      Untuk memajukan pendidikan di negeri kita
-      Untuk meningkatkan daya pikir seseorang



D.      Metode Penelitian
Dalam penyusunan makalah ini kami menggunakan metode deskripsi.

E.      Sumber Data
-      Data Primer
       Hasil dari wawancara
-      Data Sekunder
       Hasil membaca dari internet


BAB II
ANALISA DAN PEMBAHASAN

A.      Pengertian Belajar Efektif dan Efisien
Belajar efektif adalah belajar yang tanpa komat-kamit dan tanpa mengeluarkan suara. Dalam proses belajar kita tidak perlu komat-kamit dan tanpa mengeluarkan suara, supaya pelajaran yang kita pelajari cepat mudah kita resap ke dalam otak kita dan dapat mudah kita pahami.
Belajar efisien adalah belajar yang tidak banyak menyita waktu. Jadi dalam proses belajar kita tidak boleh memikirkan hal-hal yang tidak berhubungan dengan pelajaran supaya waktu yang kita pergunakan tidak habis begitu saja untuk memikirkan sesuatu yang tidak ada gunanya.
Dari pengertian diatas dapat disimpulkan bahwa pengertian belajar efektif dan efisien adalah belajar yang tanpa komat-kamit, dan tanpa mengeluarkan suara dan tidak banyak menyita waktu. Belajar efektif dan efisien sangat penting dan sangat mendukung bagi kita semua yang masih duduk di bangku sekolahan. Untuk melakukan belajar efektif dan efisien sebaiknya di lakukan di rumah sendiri supaya tidak ada yang menggangu. Belajar menggunakan metode ini banyak digemari kaum pelajar karena pelajaran yang di pelajari cepat mudah di ingat.oleh karena itukita semua yang belum menggunakan metode ini segera cepat cepat beralih menggunakan metode ini supaya kita senua menjadi orang sukses.

B.      Cara Melakukan Belajar Efektif Dan Efisien
-        Kita harus mencatat hal hal yang penting yang akan kita pelajari.
-        Seaiknya kita harus belajar di rumah sendiri
-        Dalam proses belajar harus di lakukan pada malam hari dls.

C.      Manfaat belajar efektif dan efesien
-        Pelajaran yang kita pelajari cepat mudah di ingat
-        Cepat membuat kita pandai
-        Membuat kita cepat menjadi orang yang sukses



BAB III
PENUTUP

A.   Kesimpulan
-      Belajar efektif dan efisien adalah belajar yang tanpa komat-kamit, tanpa mengeluarkan suara dan tidak banyak menyita waktu.
-      Belajar efektif dan efisien sangat penting bagi usia pelajar
-      Belajar efektif dan efisein banyak manfaatnya.

B.   Saran
Saya berharap kepada semua pelajar jangan sampai bermalas-malasan untuk belajar. Kita semua harus giat belajar supaya kita akan menjadi orang yang sukses.