Posting Pertama Menggunakan Linux Mint 7 Gloria - Belajar dan Berbagi

Recent Tube

ads
Responsive Ads Here

Post Top Ad

Your Ad Spot

Kamis, 08 April 2010

Posting Pertama Menggunakan Linux Mint 7 Gloria

Ya, dari judulnya pasti sudah tahu kalau ini adalah posting pertama saya menggunakan Linux Mint 7 Gloria. Setelah komputerku sering crash karena menggunakan Windows XP Professional akhirnya saya lebih memilih Linux yaitu menggunakan disto Linux Mint. Tidak bisa online mungkin hampir lebih dari 2 minggu, artinya selama 2 minggu itu komputerku error, kemudian saya coba install XP ulang lagi-lagi crash eror dan install yang kedua kalinya error lagi dan permasalahannya sama. Lalu, saya instal Windows Vista, dan hampir semua paket Vista saya cobain dari Home Basic, Home Premium, Business, Starter dan sebagainya dalam satu DVD installer Windows Vista.

Yang paling tidak saya sukai dengan Windows Vista adalah banyaknya driver-driver yang tidak support, seperti Sierra 881u yang dimana saya harus browsing mencari driver Sierra Wireless yang kompatibel dengan Vista. Menggunakan Aero Glass ini baru seminggu lagi-lagi komputerku crash dan error. Setiap buka file berukuran besar selalu hang. Rasanya sudah bosan sekali dengan Windows baik itu Windows XP maupun Vista.

Setelah isi ulang IM2 Broom Unlimited Rp. 100.000, menggunakan Voucher Indosat kemudian saya download file ISO Linux Mint terbaru yaitu versi 7 dengan kode Gloria dari http://www.linuxmint.com/ sebesar 700 MB yang memakan waktu lebih dari 4 jam. Setelah sabar menunggu proses download akhirnya selesai dan kemudian file ISO Linux Mint tersebut saya burning menggunakan Nero 9.

Tanpa pikir panjang, BIOS langsung saya setting “boot from CD” kemudian restart komputer dan masukkan CD hasil bakar file ISO. Ikuti petunjuk penginstalan Linux Linux Mint. Akhirnya proses instalasi Linux Mint selesai setelah mengunggu kurang lebih 20-an menit. Setelah proses instalasi selesai Linux Mint meminta kita untuk restart. Semua berjalan lancar dan OK, akan tetapi ada masalah saat saya mau konek internet menggunakan modem Sierra 881u dengan kartu INDOSATM2 (IM2) Broom. Kendalanya setiap kali saya mencoba login setelah beberapa detik langsung disconnect (DC). Memang di distro turunan Ubuntu ini sudah tersedia menu management koneksi dengan Mobile Phone, Wireles, VPN dan di Linux Mint 7 juga sudah menambahkan fasilitas setting koneksi (GPRS, 3G, HSDPA) secara otomatis, jadi kita hanya perlu memilih jaringan mana yang kita pakai. Ada AXIS, Telkomsel, EXCELCOM (XL, ProXL), INDOSAT, INDOSAT (Matrix), dan sebagainya tergantung negara masing-masing. Namun, masih terjadi masalah ketika saya mencoba menggunakannya dengan modem Sierra 881u.

Solusinya, saya harus install manual wvdial karena di Linux Mint 7 ini tidak menyediakan paket wvdial. Lalu saya download dan install wvdial bersama dengan dependensi yang diperlukan. Selesai, sekarang saatnya mengatur settingan koneksi HSDPA dengan IM2 yaitu dengan mengedit wvdial.conf dengan perintah “sudo gedit /etc/wvdial.conf” setelah itu buat setting untuk provider INDOSATM2. Dan, akhirnya sekarang saya sudah bisa online via Linux Mint 7 Gloria dengan ditandainya postingan pertama via Linux ini. Ada rekan yang lebih berpengalaman dengan Linux?