Abstrack Data Type (ADT) - Belajar dan Berbagi

Recent Tube

ads
Responsive Ads Here

Post Top Ad

Your Ad Spot

Selasa, 23 November 2010

Abstrack Data Type (ADT)

Secara sederhana ADT adalah sekumpulan strukur data dan primitif yang mengolah data tersebut. Sekumpulan diidentikkan dengan membuat struktur data dan primitif menjadi satu file utuh (Unit dalam bahasa Pascal dan Header dan Body dalam bahasa C). Struktur Data diidentikkan dengan pembentukan tipe terstruktur (record dalam bahasa Pascal, typedef struct dalam bahasa C). Primitif diidentikkan dengan function dan procedure yang mengolah struktur data tersebut.
Dalam kasus ADT JAM, file jam.h dan jam.c merupakan header dan body tempat penyimpanannya. Struktur data dan primitif untuk ADT JAM bisa dilihat pada kode sumber di bawah. Primitif yang dibuat haruslah banyak dan tersetruktur dengan baik.
Contoh:

#ifndef jam_H
#define jam_H
/* Struktur Data*/
typedef struct {
int HH;
int MM;
int SS;
} Jam;
/* Primitif */
Jam MakeJam(int HH, MM, SS);
Void TulisJam(Jam J);
/* Dan seterusnya */
#endif


Beberapa syarat dalam membuat ADT adalah input output benar, banyak, spesifik dan terstruktur. Maksud dari banyak adalah mampu membuat primitif sebanyak mungkin sehingga pengguna ADT tidak perlu membuat primitf khusus tentang JAM misalnya. Spesifik artinya primitif yang dibuat mempunyai tugas sendiri-sendiri dan tidak bertabrakan satu dengan yang lain. Terstruktur artinya  pengelolaan kode sumber rapi dan mudah untuk dikembangkan.
ADT (Abstract Data Type) atau Tipe Data Bentukan
  • Bahasa C memiliki tipe data numerik dan karakter (seperti integer, float, char dan lainlain). Bagaimana jika kita ingin membuat tipe data baru? 
  • ADT adalah tipe data yang dibuat oleh programmer sendiri yang memiliki suatu nama tertentu. 
  • ADT dapat berupa tipe data dasar namun diberi nama baru atau berupa kumpulan tipe data berbeda yang diberi nama baru. 
  • Untuk pembuatan ADT digunakan keyword typedef